Tuesday, 25 December 2012

Be Healthy, Be Happy!

Belakangan ini saya banyak berkutat dengan laptop, selain sibuk nugas baik itu tugas-tugas kuliah maupun organisasi, saya juga rajin browsing-browsing mengenai kesehatan, awalnya nyari tentang cara merawat kulit, sampai berujung ke kesimpulan bahwa saya harus mulai menerapkan gaya hidup sehat dari sekarang :9

Yah.. walaupun udah 20 tahun, tapi lebih baik terlambat daripada nggak sama sekali kan? Haha. Saya baru sadar menjaga kesehatan di usia muda itu adalah suatu investasi buat masa depan, agar di masa tua nanti kita ga banyak penyakit dan ngerepotin banyak orang. Nah, berikut ini poin-poin penting yang saya simpulkan (sepemahaman saya :P) mengenai menjaga kesehatan :

1. Minum air mineral a.k.a air putih at least 2 liter sehari
    Ini penting banget ya guys, saya pernah denger katanya kalo kita ga makan selama 2 hari kita masih bisa bertahan hidup, tapi kalo ga minum wah.. jangan tanya deh heuheu, secara tubuh kita kan 70% terdiri dari air (bahkan bumi pun 73% bagiannya adalah air :P) jadi jangan biarkan tubuh kita mengalami dehidrasi.

Taken from tupperwarepromoindonesia.com

Nah, saya biasanya bawa botol minum Tupperware ukuran 1 liter diatas tersebut dari rumah, mau itu ngampus ataupun sekedar jalan-jalan :D cukup berat sih, tapi lumayan daripada beli air kemasan hehe~ 

2. Have a healthy diet
    Inget yah, yang namanya diet itu bukan cuma mau nurunin berat badan aja tapi diet adalah gaya hidup sehat mencakup pola makan yang seimbang. Kalau saya bukan tipe orang yang picky dalam milih makanan, makan gorengan, makan yang rebus-rebus oke oke aja, asalkan porsinya harus dicermati, jangan sampai berlebihan, karena hal apapun kalo berlebihan ga bakal baik kan :D Terus, kalo bisa biasakan bawa bekal dari rumah, selain lebih sehat lebih ngirit juga *mahasiswa irit :P* Nah, usahakan kalori yang masuk seimbang sama kalori yang dikeluarkan yah ;D

Taken from keikionboard.blogspot.com

     3. Olahraga! 
       Poin yang satu ini nih yang suka dihiraukan sama orang *termasuk saya :P* padahal olahraga itu banyak banget manfaatnya. Ga usah yang mahal-mahal, cukup jogging di halaman rumah, skipping, udah bisa kok. Untuk yang ga sempet, naik tangga aja saat di kampus misalnya, atau mau ke fakultas lain lewati jalan yang lebih jauh biar waktu buat jalan kakinya bisa lebih lama, intinya harus banyak bergerak! :D


Taken from bentengnews.com

     4. Konsumsi vitamin (dan mineral)
        Mau pilih vitamin yang berasal dari suplemen atau alami boleh-boleh aja, tapi kalo saya sih lebih prefer yang alami, dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran rutin setiap hari. Biasanya sih saya ganti-ganti menu buah (tergantung dari yang ada di kulkas, hahaha) terus rutin minum air perasan jeruk nipis tanpa dicampur apapun termasuk air mineral, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C :)

Taken from livingprettynaturally.com

     5. Mandi!
         Hihihi~ Dulu saya pernah nanya sama kakak tingkat saya yang kulitnya putih dan ga pernah gosong walaupun abis praktikum (padahal dia cowok -_-), terus kata dia mau kulitnya putih mau item yang penting mah mandi, hahaha xD emang iya sih, buat kita yang tinggal di daerah tropis memang WAJIB yah buat mandi, 2 kali sehari. Kalo pulang dari kampus agak malem, saya biasanya mandi pake air anget, pokoke usahain deh mandi 2 kali sehari biar kuman ga berjibun di tubuh kita, hiiiyyy~

Taken from bathblogs.com

     6. Tidur yang cukup
      At least tidurnya ga kurang dari 6 jam dan usahakan jam 22.00 itu udah tidur, artinya jangan begadang. Tapi emang cukup sulit apalagi buat mahasiswa yang suka lembur ngerjain tugas, termasuk saya yang bener-bener keturunan Sangkuriang, karena sering menyelesaikan tugas-tugas hanya dalam waktu satu malam #wew :P, nah jangan dibiasain yah, saya juga mau membiasakan buat ga nunda-nunda ngerjain tugas supaya bisa lebih sehat tanpa keliatan kayak zombie dengan dark circle yang pekat @.@

Taken from sciencedaily.com
     7. Have a good mood and also emotion
        Kekeke~ maksudnya, kita harus jaga emosi dan mood kita, jangan gampang kebawa suasana. Tapi seriously, agak susah sih buat perempuan mah, apalagi saya :3 gampang banget emosi -_- Yang satu ini ga ada solusi lain selain sabar, sabar, dan sabar :P Terus sering-sering kasih sugesti positif ke diri kita sendiri, supaya kita bisa selalu ceria dan tersenyum :D

 Which one do you want to choose? :P
(Taken from my.englishclub.com and neduzi.blogspot.com)

    8. Last but not least, ibadah yang rajin :D 
        Beribadah itu akan selalu ngasih ketenangan buat diri kita, ketenangan batin yang bakal jadi energi kita menghadapi hari-hari dengan penuh semangat! Karena semakin kita dekat sama Sang Pencipta, kita juga bakal sadar bahwa dalam hidup ini ada banyak hal yang harus kita syukuri sehingga kita ga akan pernah ngerasa sendiri, inferior dan yakin bahwa Tuhan selalu sayang sama kita :D Ibadah disini mencakup semuanya ya guys, both of hablumminannas and hablumminallah ;D
Taken from nayzak.deviantart.com

Oke deh itu beberapa poin yang bisa saya share buat temen-temen. Rencananya saya mau rajin blogging lagi nih *aamiin*, do’ain yah semoga tercapai, xixixi~ Setelah ini mau bersiap buat nugas di esok hari, masih ada beberapa agenda yang harus diselesaikan, hohoho..
Jaga selalu kesehatanmu ya, guys! Lebih baik mencegah daripada mengobati! :D

Tuesday, 23 October 2012

Tugas Media Pembelajaran Geografi : 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Di mata kuliah Media Pembelajaran Geografi (MPG) ini saya dan teman-teman diberi tugas untuk membuat berbagai media pembelajaran mulai dari video, foto, dan yang lainnya. Untuk tugas yang diposting kali ini adalah tugas video dan foto-foto yang dikumpulkan sebelum UTS. Just check it out, guys! :D

Oia, judul yang saya ambil adalah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) karena saya kebagian tentang antroposfer dan standar kompetensi yang diambil adalah Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan (SMA Kelas XI Semester 2)

Nah, dibawah ini adalah videonya :

 

Kemudian, dibawah ini adalah 3 foto yang saya ambil dan semuanya merupakan produk daur ulang, dimana selain ramah lingkungan juga bisa meningkatkan pendapatan jika ditekuni :D

Foto diatas adalah parabola yang tiangnya merupakan recycle dari komputer (CPU dan monitor) bekas, terletak di dekat UPInet di kampus saya, unik kan? :D

Nah kalau yang ini adalah map yang terbuat dari bungkus kopi yang merknya Ginseng Coffee hehe, map ini saya dapat waktu ikut lomba simulasi bisnis di UNISBA pas jaman SMA dulu ^^

Yang terakhir, tas yang terbuat dari bungkus kopi juga, tapi gatau merknya apa :D walaupun tas ini merupakan produk daur ulang, tapi ketebalannya mantap dan kuat juga, gak kalah dengan tas-tas lainnya di pasaran :D
Oke, mungkin posting kali ini segitu dulu aja ya, see you guys next time!
*I wish I can have much time to blogging again #kangennulis~ >.<*

Saturday, 22 September 2012

Find Out Your Passion!


Assalamu’alaikum semuaaa!!! ^O^

Waw, akhirnya bisa nulis lagi setelah sekian lama ga nulis-nulis >< *gak produktif banget yah :P*
Oke, untuk tulisan ini berawal dari saya yang mulai tertarik sama gaya hijab yang lagi trend sekarang-sekarang ini. Karena dari jaman saya SMP (masih belum pake jilbab) suka kepikiran ‘emangnya kalo pake jilbab ga boleh stylish ya? :/’ 

Makanya saya suka update tentang fashion hijab gitu tapi difilter juga pokoknya yang stylish tapi tetep syar’i dongs B), mulai dari buka-buka blog-blog hijabers, download video-video tutorial pake hijab, tapi baru sedikit tutorial yang udah dipraktekkan :P heheh

Nah, buat para Muslimah yang update fashion hijab pasti udah akrab sama nama Dian Pelangi dong? :D Selain udah terkenal di dunia maya, mbak Dian juga udah sering masuk berita di Televisi, keren deh pokoknya!

Suatu hari pas lagi macet-macetnya keadaan lalu lintas menuju kampus, saya iseng googling tentang beliau pake opera mini di hape dan ternyata amazing banget deh Dian Pelangi ini! Saya yang awam ini baru tau kalo beliau adalah seorang fashion designer termuda di APPMI alias Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia dan parahnya lagi usia beliau cuma 1 tahun diatas saya! ><

Jadi malu nih, sedangkan saya rasanya belum bisa apa-apa, bahkan ngurus diri sendiri aja belum becus :P

 
Mbak Dian Pelangi yang keren abis! :D
(taken from http://fashionesedaily.com/blog/2011/08/22/dian-pelangi-the-next-big-thing-in-indonesian-muslim-fashion/)

Setelah ditelusuri lagi, mbak Dian Pelangi ini emang udah suka ngerancang busana dari beliau kecil dan memang atmosfer kehidupan di keluarganya juga sangat mendukung. Dari situ jadi kebuka deh pikiran saya, bahwa kalo kita menekuni sesuatu yang merupakan passion (kegemaran) kita, inshaAllah kesuksesan itu bakal lebih mudah didapat karena kita juga melakukannya dengan bahagia, penuh cinta, ga dirasa sebagai beban yang terlampau berat untuk dipikul :D

Terus iseng-iseng lagi saya tanyain ke orangtua saya, dulu waktu kecil saya keliatannya punya passion dimana? Yah.. yang keliatannya excited dan enjoy gitu ngerjainnya. Dan... jreng jreng~
Kata ortu saya, saya dari dulu seneeeennnggg banget yang namanya baca dan nulis :D Hihihi~

Jadi dari saat itu juga, ada tekad membara buat tetep aktif nulis #asiiikk B) dan nanti blog ini akan diisi dengan berbagai hal yang mungkin belum pernah ada sebelumnya, tapi yang penting tetep memberi manfaat bagi para pembaca, inshaAllah, aamiin :D

Buat temen-temen, ayo cari tau passion-mu dan tekuni! Yang punya passion di dunia tulis menulis silakan kembangkan, begitu juga sama temen-temen yang punya passion di bidang fashion design misalnya, bukan gak mungkin loh suatu saat kamu ngikutin jejak mbak Dian Pelangi atau bahkan bisa lebih ;)

And at least, perlihatkan pada dunia kalo kita, generasi muda Indonesia bukan generasi yang bisa dipandang sebelah mata karena  kita adalah generasi yang punya berbagai potensi dan kompetensi yang luar biasa! Keep on fire, yeah! \^O^/

Thursday, 19 April 2012

Relatif

relatif.

semua hal di dunia ini adalah relatif

bahkan pemikiran-pemikiran yang dimiliki setiap manusia memiliki kebenaran dan keburukan yang relatif

namun jangan sampai relativitas ini mengganggu kinerja otak maupun hatimu

sebaliknya, pegang teguh kebenaran yang kau yakini dengan landasan yang dapat dipertanggungjawabkan

karena relativitas akan menciptakan perbedaan

dan perbedaan akan menciptakan dinamika yang bermuara pada harmonisasi indah dalam kehidupan


Bandung, 19 April 2012
*nulis apa sih na, sebenernya?
saya juga gatau nih, udah lama ga nulis jadi geje :P hehe~ ^O^v*
#isengisengnulislagi :P

Monday, 2 January 2012

Tentang Resolusi :D


Bismillah… 

Assalamu’alaikum temen-temen! Gimana kabarnya? :D Setelah sekian lama “vakum” dari dunia tulis-menulis, akhirnya sekarang saya kembali, hahaha #gapenting,na :P

Oke temen-temen, mumpung masih suasana awal 2012 nih, temen-temen pasti pada punya resolusi dong! :D Nah resolusi itu sebenernya ga harus di tahun baru aja sih, tapi ga ada salahnya untuk membuat suatu perencanaan yang bisa membuat kehidupan lebih baik lagi, daripada hanya merayakan dengan meniup terompet *yang kata sahabat saya, ‘alhamdulillah malaikat Isrofil ga latah ikut-ikutan niup terompetnya’ :P*

Awal dari membuat sebuah resolusi adalah evaluasi. Jadi kita evaluasi nih apa aja sih yang udah dilakukan kemarin-kemarin, yang baiknya kita tingkatkan, dan yang buruknya kita tinggalkan, serta yang kurang tepatnya kita perbaiki, semua ini dilakukan agar hidup kita gak sia-sia, sahabat :D Seperti yang udah ditegaskan dalam surat Al-Ashr [103] ayat 1-3, “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran”.

Sebelum mulai bikin resolusi, jangan lupa temen-temen syukuri apa yang udah temen-temen punya sekarang, terutama yang bersifat physically karena dewasa ini kita sedang diserang oleh stereotype keindahan yang tidak permanen yang semakin dipersempit karena pengaruh media hingga mengakar di masyarakat. Padahal kan manusia itu diciptakan berbeda-beda sehingga keindahan dari makhluk-Nya tidak dapat digeneralisir, dan perbedaan itu menghasilkan ciri yang tentu saja bukan kita yang pesan kan :D

Kalau boleh pesan dulu sebelum terjun ke dunia, saya bakal pesan supaya tinggi, hidung mancung, mata biru, dan cantik seperti Lady Diana, hihihi :D Tapi kan itu gak mungkin, nah kita harus mensyukuri apa yang Allah kasih ke kita karena hal tersebut punya keunikan tersendiri, kalau yang badannya kurang tinggi *yes, I am :P* bisa jadi lebih imut *karena disangka anak kecil terus :P* dan yang badannya tinggi bisa jadi terlihat lebih dewasa dan bisa membantu mengambilkan barang yang gak nyampe kalau diambil sama yang kecil, hahaha :D

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (Ar-Rahman [55]: 13)

Kalau udah bisa mensyukuri yang sudah dimiliki, bakal gampang deh untuk mengeksplor potensi kita dan lebih memberikan manfaat bagi sekitar kita :D

Setelah itu kita bikin resolusi deh :D Dari beberapa evaluasi yang udah tercatatkan, ketahuan salahnya dimana dan bagaimana memperbaikinya, lalu masukan ke dalam resolusi temen-temen serta ditambah beberapa hal baru yang ingin temen-temen realisasikan. Misalnya tahun ini punya resolusi ingin menerbitkan satu buku novel atau yang terkait dengan kebiasaan yang harus diubah, kayak saya nih punya resolusi supaya gak telat kuliah lagi haha :D

Jangan lupa, resolusi ini harus ditulis loh temen-temen, karena kalau hanya disimpan di otak nanti pasti lupa. Dan resolusi ini juga bisa kita jadikan acuan supaya apa yang kita kerjakan gak sia-sia karena punya tujuan yang jelas, jadi kalau suatu saat terjadi “galat” ataupun “galau” melanda temen-temen, tinggal liat lagi list resolusi temen-temen dan akan semangat lagi untuk merealisasikannya! Yuk kita semangat memperbaiki diri menjadi lebih baik!

New Year, Brand New You! \^o^/

 Source of the picture :  
http://www.ihmteachers.org/Site Graphics/5-Free-Summer-Clipart-Illustration-Of-A-Happy-Smiling-Sun.jpg


Tina Nur Faidah,
one of SAYBIS Motivational Team :D

PS : Note ini terinspirasi oleh note Muhammad Anwar Rosyidin, silakan bagi temen-temen yang mau baca, check it out :D,
http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150509351320101
http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150512096765101