Tuesday, 25 December 2012

Be Healthy, Be Happy!

Belakangan ini saya banyak berkutat dengan laptop, selain sibuk nugas baik itu tugas-tugas kuliah maupun organisasi, saya juga rajin browsing-browsing mengenai kesehatan, awalnya nyari tentang cara merawat kulit, sampai berujung ke kesimpulan bahwa saya harus mulai menerapkan gaya hidup sehat dari sekarang :9

Yah.. walaupun udah 20 tahun, tapi lebih baik terlambat daripada nggak sama sekali kan? Haha. Saya baru sadar menjaga kesehatan di usia muda itu adalah suatu investasi buat masa depan, agar di masa tua nanti kita ga banyak penyakit dan ngerepotin banyak orang. Nah, berikut ini poin-poin penting yang saya simpulkan (sepemahaman saya :P) mengenai menjaga kesehatan :

1. Minum air mineral a.k.a air putih at least 2 liter sehari
    Ini penting banget ya guys, saya pernah denger katanya kalo kita ga makan selama 2 hari kita masih bisa bertahan hidup, tapi kalo ga minum wah.. jangan tanya deh heuheu, secara tubuh kita kan 70% terdiri dari air (bahkan bumi pun 73% bagiannya adalah air :P) jadi jangan biarkan tubuh kita mengalami dehidrasi.

Taken from tupperwarepromoindonesia.com

Nah, saya biasanya bawa botol minum Tupperware ukuran 1 liter diatas tersebut dari rumah, mau itu ngampus ataupun sekedar jalan-jalan :D cukup berat sih, tapi lumayan daripada beli air kemasan hehe~ 

2. Have a healthy diet
    Inget yah, yang namanya diet itu bukan cuma mau nurunin berat badan aja tapi diet adalah gaya hidup sehat mencakup pola makan yang seimbang. Kalau saya bukan tipe orang yang picky dalam milih makanan, makan gorengan, makan yang rebus-rebus oke oke aja, asalkan porsinya harus dicermati, jangan sampai berlebihan, karena hal apapun kalo berlebihan ga bakal baik kan :D Terus, kalo bisa biasakan bawa bekal dari rumah, selain lebih sehat lebih ngirit juga *mahasiswa irit :P* Nah, usahakan kalori yang masuk seimbang sama kalori yang dikeluarkan yah ;D

Taken from keikionboard.blogspot.com

     3. Olahraga! 
       Poin yang satu ini nih yang suka dihiraukan sama orang *termasuk saya :P* padahal olahraga itu banyak banget manfaatnya. Ga usah yang mahal-mahal, cukup jogging di halaman rumah, skipping, udah bisa kok. Untuk yang ga sempet, naik tangga aja saat di kampus misalnya, atau mau ke fakultas lain lewati jalan yang lebih jauh biar waktu buat jalan kakinya bisa lebih lama, intinya harus banyak bergerak! :D


Taken from bentengnews.com

     4. Konsumsi vitamin (dan mineral)
        Mau pilih vitamin yang berasal dari suplemen atau alami boleh-boleh aja, tapi kalo saya sih lebih prefer yang alami, dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran rutin setiap hari. Biasanya sih saya ganti-ganti menu buah (tergantung dari yang ada di kulkas, hahaha) terus rutin minum air perasan jeruk nipis tanpa dicampur apapun termasuk air mineral, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C :)

Taken from livingprettynaturally.com

     5. Mandi!
         Hihihi~ Dulu saya pernah nanya sama kakak tingkat saya yang kulitnya putih dan ga pernah gosong walaupun abis praktikum (padahal dia cowok -_-), terus kata dia mau kulitnya putih mau item yang penting mah mandi, hahaha xD emang iya sih, buat kita yang tinggal di daerah tropis memang WAJIB yah buat mandi, 2 kali sehari. Kalo pulang dari kampus agak malem, saya biasanya mandi pake air anget, pokoke usahain deh mandi 2 kali sehari biar kuman ga berjibun di tubuh kita, hiiiyyy~

Taken from bathblogs.com

     6. Tidur yang cukup
      At least tidurnya ga kurang dari 6 jam dan usahakan jam 22.00 itu udah tidur, artinya jangan begadang. Tapi emang cukup sulit apalagi buat mahasiswa yang suka lembur ngerjain tugas, termasuk saya yang bener-bener keturunan Sangkuriang, karena sering menyelesaikan tugas-tugas hanya dalam waktu satu malam #wew :P, nah jangan dibiasain yah, saya juga mau membiasakan buat ga nunda-nunda ngerjain tugas supaya bisa lebih sehat tanpa keliatan kayak zombie dengan dark circle yang pekat @.@

Taken from sciencedaily.com
     7. Have a good mood and also emotion
        Kekeke~ maksudnya, kita harus jaga emosi dan mood kita, jangan gampang kebawa suasana. Tapi seriously, agak susah sih buat perempuan mah, apalagi saya :3 gampang banget emosi -_- Yang satu ini ga ada solusi lain selain sabar, sabar, dan sabar :P Terus sering-sering kasih sugesti positif ke diri kita sendiri, supaya kita bisa selalu ceria dan tersenyum :D

 Which one do you want to choose? :P
(Taken from my.englishclub.com and neduzi.blogspot.com)

    8. Last but not least, ibadah yang rajin :D 
        Beribadah itu akan selalu ngasih ketenangan buat diri kita, ketenangan batin yang bakal jadi energi kita menghadapi hari-hari dengan penuh semangat! Karena semakin kita dekat sama Sang Pencipta, kita juga bakal sadar bahwa dalam hidup ini ada banyak hal yang harus kita syukuri sehingga kita ga akan pernah ngerasa sendiri, inferior dan yakin bahwa Tuhan selalu sayang sama kita :D Ibadah disini mencakup semuanya ya guys, both of hablumminannas and hablumminallah ;D
Taken from nayzak.deviantart.com

Oke deh itu beberapa poin yang bisa saya share buat temen-temen. Rencananya saya mau rajin blogging lagi nih *aamiin*, do’ain yah semoga tercapai, xixixi~ Setelah ini mau bersiap buat nugas di esok hari, masih ada beberapa agenda yang harus diselesaikan, hohoho..
Jaga selalu kesehatanmu ya, guys! Lebih baik mencegah daripada mengobati! :D