Tuesday, 10 December 2013

Semangat untuk Indonesia Sehat!

Seminggu yang lalu, gue ikut seminar dan pematerinya sharing tentang informasi yang beliau dapat waktu pertemuan sama berbagai ahli kebumian dunia bahwa saat ini ada 2 (dua) masalah utama di kehidupan manusia, yaitu ledakan jumlah penduduk dan perubahan iklim. Jumlah penduduk yang berkali-kali lipat tersebut tentu merupakan dampak dari canggihnya teknologi masa kini sehingga ilmu kesehatan pun semakin berkembang dengan pesat dan banyak manusia yang terhindar dari kematian akibat berbagai penyakit karena sudah ditemukan obatnya.

Begitu pun dengan tingkat kesehatan masyarakat di negara kita, Indonesia, dari tahun ke tahunnya selalu mengalami kemajuan. Tapi sayang banget, menurut artikel yang gue baca disini, perbaikan dan kemajuan tingkat kesehatan di Indonesia masih lambat kalau dibandingkan dengan negara-negara lain di Asean seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Makanya bukan hal mengherankan kalau banyak orang yang lebih memilih untuk berobat ke negara tetangga karena kualitasnya lebih baik daripada di Indonesia.

Nah, sebenarnya ada di peringkat berapa sih Indeks Kesehatan Manusia di negara kita? Ternyata dari data yang gue temukan disini, Indonesia ada di peringkat ke-100 dunia, pada Indeks Global World Vision. Selain itu menurut laporan tersebut, masih ada kesenjangan di bidang kesehatan antara si kaya sama si miskin. Rasanya miris ya, padahal mereka juga punya hak yang sama untuk hidup sehat.

Kalau menurut gue, untuk meningkatkan Indeks Kesehatan Manusia itu harus dimulai dari diri sendiri. Saat ini ada banyak informasi tentang kesehatan secara cuma-cuma yang bertebaran di dunia maya bahkan nggak sedikit juga para dokter yang punya blog dan menulis artikel-artikel tentang kesehatan disana dan memungkinkan kita untuk bisa berkomunikasi sama mereka meskipun nggak bertatap muka secara langsung. Seenggaknya dengan kita punya wawasan tentang kesehatan, kita tahu caranya supaya nggak gampang sakit. Karena dari dulu kita sudah diwanti-wanti sama nenek moyang bahwa ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’, ‘kan?

Selain itu kesehatan secara batin atau jiwa juga harus tetap dijaga karena akan sehat secara holistik atau keseluruhan itu adalah saat kesehatan jiwa selaras dengan kesehatan fisik kita. Lantas bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan jiwa? Ini menurut gue ya, dengan kita sering berpikir positif, lebih peduli sama lingkungan sekitar kita seperti para kaum dhuafa, intinya lebih peka sama keadaan dan kalau bisa ikut membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan akan membuat batin atau jiwa kita sehat. Efek lainnya kita juga bisa ikut mengurangi kesenjangan kesehatan antara si kaya dan si miskin meskipun butuh waktu tapi itu nggak masalah karena menurut peribahasa juga ‘kan, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Terus kita juga harus selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam untuk sehat jiwa raga secara maksimal. Bukan rahasia lagi kalau lingkungan yang kotor dan gersang gara-gara sangat minim atau hampir nggak ada tumbuh-tumbuhan akan membuat badan kita mudah terserang penyakit karena membuat bakteri jahat betah menetap dan nggak ada yang menetralisir racun-racun di udara serta radikal bebas yang berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Kemudian gue juga berharap pelayanan kesehatan akan selalu optimal bagi semua kalangan termasuk kaum dhuafa meskipun mereka nggak bisa bayar. Tapi itu juga harus ditunjang sama penyediaan fasilitas yang memadai dari negara alias pemerintah. Intinya, semua elemen mencakup masyarakat, pemerintah dan para ahli di bidang kesehatan harus saling bekerja sama, saling terintegrasi untuk meningkatkan taraf kesehatan di Indonesia. Kita nggak bisa melulu menyalahkan pihak-pihak tertentu tapi kita sendiri nggak berbuat apa-apa. Jadi penting untuk kita ikut berkontribusi sekecil apapun karena akan berdampak besar untuk perbaikan kesehatan di Indonesia kalau kita melakukannya secara bersama-sama. Semangat untuk Indonesia sehat!

Potret Indonesia Sehat
Gambar diambil dari sini

Referensi :

*Tulisan ini diikutsertakan dalam kontes yang bertema Ungkapkan Harapanmu Tentang Kesehatan di Indonesia dengan tagline "Sehat Milik Semua" yang diadakan oleh Dompet Dhuafa dan Blogdetik

0 comments:

Post a Comment